Minggu, 30 Juni 2013

 Kembali ke Blog


Sudah lama saya ga punya blog sejak meninggalkan Friendster. Meskipun saya ini sejenis jurnalis, tapi kurang begitu gemar menulis di blog. Lha wong nulis berita untuk kantor saja jarang, apalagi nulis untuk blog hehehehe.

Tapi saya sadar bahwa perlu menulis blog untuk mengukir jejak-jejak sejarah, peradaban, atau yang lebih ringan, kenangan, dalam menelusuri hari-hari. Bukan untuk apa-apa atau untuk siapa, melainkan untuk saya sendiri. Egois dikit gapapa kan.

Soalnya begini. Saya ini bukan pengingat yang baik (terus curhat :)). Banyak hal-hal detail yang saya kerap lupa. Misalnya nama seseorang, tempat atau alamat. Kadang saya ingat momen tertentu, tetapi lupa waktu persisnya. ini saya sadari ketika butuh foto tertentu. rasanya pernah memotret tapi lupa kapan.

Belajar dari itu, saya kemudian memperbaiki pengarsipan foto. bukan sekadar menggunakan tanggal secara detail, tetapi saya tambah dengan kata kunci. Misalnya folder 20132903-Renang, Flo, Demo BBM. Artinya, folder tersebut berisi foto-foto renang, Flo (anak saya), dan liputan demo BBM. Suatu hari, saat saya butuh foto-foto tersebut dan lupa tanggalnya, saya tinggal minta tolong mesin pencari dengan mentik kata-kata kunci tersebut.

dengan kata lain, ingatan saya yang terbatas ini butuh alih daya (out sourcing). Ya itu tadi, saya alih dayakan ke komputer atau laptop hehehe.

Nah, dengan membuat blog, saya berharap bukan hanya memori visual dalam bntuk foto yang tertata lebih rapi. Kesan, kenangan, atau kepahitan hidup ini coba saya arsipkan dalam blog.

terakhir dan tak kalah penting. Tolong saya dibantu, minimal bantu doa, agar saya konsisten dan bersinambungan dalam benulis di blog. :):)

Medan, 28 Juni 2013
ketika Kompas genap berusia 48 tahun *apahubungannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar